Sosialisasi Keamanan Kosmetik dan Demo Pembuat Natural Face Mist di SMK Muhammadiyah 5 Babat, Lamongan

Pada tanggal 15 Desember 2021, mahasiswa kelas 5B Prodi S1 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) mengadakan acara  Sosialisasi Keamanan Kosmetik dan Demo Pembuat Natural Face Mist di SMK Muhammadiyah 5 Babat. Acara ini dibimbing oleh apt. Fransisca Dita Mayangsari, M. Farm. dan Diah Indah K., M. Farm.

Sosialisasi mengenai keamanan kosmetik disampaikan oleh  apt. Fransisca Dita Mayangsari, M. Farm. Sedangkan untuk demo pembuat natural face mist dari saffron dilakukan oleh perwakilan mahasiswa kelas  5A Prodi S1 Farmasi UMLA.

Tema Keamanan Kosmetik dipilih karena hingga saat ini masih banyak kosmetik yang mengandung bahan berbahaya yang beredar di masyarakat. Dalam siaran persnya, Badan Pom menjelaskan bahwa hasil sampling produk obat tradisional, suplemen kesehatan dan kosmetika selama periode Juli 2020 hingga September 2021, telah ditemukan sebanyak 53 (lima puluh tiga) item produk obat tradisional, 1 (satu) item suplemen kesehatan mengandung BKO serta 18 (delapan belas) item produk kosmetika mengandung bahan dilarang/bahan berbahaya  (pom.go.id). oleh karena itu, sosialisasi mengenai kosmetik sangat penting untuk dilakukan, terutama kepada remaja.

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan demo pembuatan natural face mist dari saffron. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan kepada para remaja bahwa kosmetik yang aman tidak harus mahal karena kosmetik yang aman dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana.