Telang (Clitoria ternatea)

Morfologi

Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ternatea L. Ada sekitar 60 spesies di seluruh dunia milik genus bunga telang yang berasal dari daerah tropis wilayah Asia, kemudian secara luas menyebar ke wilayah Selatan dan Amerika Tenngah, Afrika dan Australia. Bunga telang juga dikenal sebagai butterfly pea (English), aparajita (Bengali), cunha (Brazilian), kajroti (India), bunga biru, dan kembang telang (Indonesian).

Tanaman telang merupakan anggota keluarga Fabacea yang memiliki batang kecil dan tumbuh merambat sehingga membutuhkan penyangga dari tonggak atau tanaman lain yang lebih besar. Tanaman ini berdaun kecil yang merupakan bentuk daun berpasangan dangan 2-4 pasang daun setiap lembarannya.

Kandungan

Bunga telang mengandung tanin, flobatanin, karbohidrat, saponin, triterpenoid, fenol flavonoid, flavanol glikosida, protein, alkaloid, antrakuinon, antisianin, stigmasit 4-ena-3,6 dion, minyak volatil dan steroid. Komposisi asam lemak meliputi asam palmitat, stearat, oleat linoleat dan linolenat. Biji bunga telang juga mengandung asam sinamat, finotin dan beta sitosterol.