PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

Rumusan kompetensi lulusan pendidikan tinggi farmasi juga harus memenuhi deskripsi kualifikasi ketentuan dalam Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Farmasi

No Profil Lulusan Capaian Pembelajaran
1 Care Giver / Peduli dan santun dalam melayani Melayani permintaan obat dan sediaan farmasi dengan resep atau atas pemrmintaan sebdiri (Swamedikasi)
2 Teacher / Pribadi yang Sigap mengajarkan Mampu mengajarkan pengalaman dan Kompetensinya kepada generasi selanjutnya.
3 Communicator / Pencerah Kepentingan Multipihak Mampu berkomunikasi, beradaptasi dalam lingkungan baru, dan membangun hubunga interpersonal.
4 Leader / Pemimpin Arah dan Tujuan Mampu memberikan arah dan petunjuk dalam menjalankan tujuan profesi
5 Decision Maker / Pembuat Keputusan yang cepat dan tepat Mengambil keputusan pada setiap pekerjaan kefarmasian atas dasar : Ilmu, Legal dan Etik
6. Manager/ Pengelola Andal yang Sangat Teliti Mampu melakukan atau membuat tata laksana dalam rangka melakukan pekerjaan kefarmasian
7. Life-long learner/ Pembelajar Sepanjang Hayat Bersikap sebagai pembelajar sepanjang hayat dalam rangka menjaga kompetensi dan integritas
8. Researcher / Pencari dan Penemu Cara Baru Mampu menemukan cara baru atau kreativitas dan inovasi dalam melakukan pekerjaan kefarmasian atau tugas profesi
9. Islamic Pharmapreneur Seorang farmasi yang diharapkan dapat terjun menjadi wirausaha yang islami dalam mengembangkan kemandirian serta membantu mensejahterakan masyarakat

Standar kompetensi lulusan program studi Sarjana Farmasi berupa unit-unit kompetensi yang dikelompokkan dalam 9 (sembilan) area kompetensi didasarkan pada tugas/ peran/ fungsi tenaga kefarmasian dalam praktik/pekerjaan kefarmasian. Masing-masing unit kompetensi dijabarkan menjadi elemen-elemen yang menggambarkan serangkaian aktivitas/tugas dalam unit kompetensi / standar tersebut.

Kompetensi Lulusan Proram Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan diuraikan sebagai berikut :

Area Kompetensi Pendidikan Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Bagan 4.2. Area Kompetensi Lulusan Pendidikan Tinggi Farmasi

AREA KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN FARMASI

Standar kompetensi lulusan pendidikan sarjana farmasi  maupun lulusan pendidikan profesi apoteker dikelompokkan menjadi 8 (delapan) area kompetensi sebagai berikut:

  • Optimalisasi keamanan penggunaan obat.  
    • Pelayanan sediaan farmasi. 
    • Pembuatan dan pendistribusian sediaan farmasi.
    • Pelayanan informasi, konsultasi dan edukasi obat dan pengobatan.  
    • Komunikasi dan kolaborasi (interpersonal, interprofesional). 
    • Kepemimpinan dan manajemen. 
    • Praktik profesional, legal, dan etik. 
    • Penguasaan ilmu, kemampuan riset, Pengembangan diri, dan profesionalitas.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN SARJANA FARMASI

AREA KOMPETENSI 1: 

Optimalisasi Keamanan Penggunaan Obat.

Deskripsi: 

Mampu  mengidentifikasi  dan  menyelesaikan  masalah  terkait  obat  berlandaskan prinsip-prinsip ilmiah untuk mengoptimalkan terapi.

Standar:  

1.1  Menjelaskan pertimbangan pemilihan obat.

1.2  Menganalisis kesesuaian rancangan terapi obat.

1.3  Mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya.

AREA KOMPETENSI 2: 

Pelayanan Sediaan Obat.

Deskripsi:

Mampu  memberikan  sediaan  farmasi  sesuai  kebutuhan  pasien  disertai  penjaminan mutu sediaan farmasi.

Standar:  

2.1  Mampu melakukan skrining resep.

2.2  Mampu menjelaskan pilihan terapi obat dalam pelayanan swamedikasi.

2.3  Mampu menyiapkan sediaan obat non-steril.

2.4  Mampu melakukan pencampuran sediaan steril.

2.5  Mampu memastikan obat memenuhi persyaratan mutu.

2.6  Mampu menyerahkan sediaan farmasi kepada pasien.

AREA KOMPETENSI 3: 

Pembuatan dan Pendistribusian Sediaan Obat.

Deskripsi:

Mampu  menerapkan  ilmu  dan  teknologi  kefarmasian  dalam  perancangan, pembuatan, dan penjaminan mutu sediaan obat.

3.1  Mampu merancang formulasi sediaan obat.

3.2  Mampu mempertimbangkan persyaratan pembuatan sediaan obat.

4.1  Mampu membuat sediaan obat sesuai prinsip penjaminan mutu.

4.2  Mampu mengevaluasi mutu sediaan obat.

4.3  Mampu mendistribusikan obat disertai penjaminan mutu sediaan. 

AREA KOMPETENSI 4: 

Pelayanan Informasi Obat dan Pengobatan.

Deskripsi:

Mampu  mencari,  mengevaluasi,  menyiapkan,  dan  memberikan  informasi  tentang obat, pengobatan, dan penggunaan obat yang rasional.

Standar:  

4.1  Mampu mencari, mengevaluasi dan menyiapkan informasi obat.

4.2  Mampu memberikan informasi tentang obat dan pengobatan.

4.3  Mampu melakukan promosi penggunaan obat yang rasional.  

AREA KOMPETENSI 5: 

Komunikasi dan Kolaborasi Interpersonal.

Deskripsi:

Mampu  berkomunikasi,  beradaptasi  dalam  lingkungan  baru,  dan  membangun hubungan interpersonal.

Standar:  

5.1  Mampu menerapkan prinsip-prinsip komunikasi efektif.

5.2  Mampu bekerja dalam tim.

AREA KOMPETENSI 6: 

Kepemimpinan dan Manajemen.

Deskripsi:

Mampu  menerapkan  prinsip  manajemen  dan  kepemimpinan  dalam  melaksanakan tugas mandiri dan/atau mengelola tugas kelompok.

Standar:  

6.1  Mampu mengelola tugas mandiri dan/atau tugas kelompok.

6.2  Mampu mengambil keputusan berdasarkan informasi dan/atau data.

6.3  Mampu bertanggung-jawab atas tugas mandiri dan/atau kelompok.

AREA KOMPETENSI 7: 

Praktik Profesional, Legal dan Etik.

Deskripsi: Mampu  melaksanakan  pekerjaan  secara  bertanggungjawab  sesuai  ketentuan perundang-undangan, norma, dan etik kefarmasian.

Standar:  

7.1  Mampu  menjelaskan  ketentuan  perundang-undangan  dan  prinsip-prinsip  etik kefarmasian.

7.2  Mampu  bersikap  sesuai  ketentuan  perundang-undangan,  norma,  dan  etik kefarmasian. 

AREA KOMPETENSI 8: 

Penguasaan Ilmu, Kemampuan Riset, dan Pengembangan Diri.

Deskripsi:

Menunjukkan  penguasaan  IPTEK  bidang  kefarmasian,  kemampuan  riset,  serta kemampuan pengembangan diri secara berkelanjutan.

Standar:  

8.1  Mampu menjelaskan konsep obat, tubuh manusia, dan mekanisme kerja obat.

8.2  Mampu  menjelaskan  hubungan  antara  struktur  senyawa  bahan  aktif  dengan aktivitasnya. 

8.3  Mampu  menjelaskan  konsep  pengembangan  obat  dari  bahan  alam  dan/atau sintesis.

8.4  Mampu menjelaskan konsep perjalanan obat dalam tubuh.

8.5  Mampu  melakukan  analisis  parameter  fisika,  kimia,  fisiko-kimia,  dan  biologis bahan obat dan/atau produk obat.

8.6  Mampu menerapkan ilmu dan teknologi dalam riset kefarmasian.

8.7  Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan diri secara berkelanjutan.

4.1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

  1. 1.     Sikap (Attitude)
S.01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Fear the Almighty God and be able to show religious attitudes
S.02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika Uphold human values in carrying out tasks based on religion, morals, and ethics
S.03 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Internalizing academic values, norms and ethics  
S.04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa Acting as a citizen who is proud and loves the country, has nationalism and a sense of responsibility in the country and nation
S.05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain Respect the diversity of cultures, views, religions, and beliefs, as well as the opinions or original findings of others
S.06 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; Contributing in improving the quality of life in the community, nation, state, and progress of civilization based on Pancasila;
S.07 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan Working together and having social sensitivity and concern for society and the environment
S.08 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Internalizing the spirit of independence, struggle and entrepreneurship
S.10 Menunjukkan  sikap            bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Demonstrate an attitude of responsibility for work in his area of expertise independently.
  • Ketrampilan Umum (General Skills)
KU.01 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya Applying logical, critical, systematic, and innovative thinking in the context of developing or implementing science and / or technology in accordance with their fields of expertise
KU. 02 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir Assessing the implications of the development or implementation of science, technology or art in accordance with their expertise based on rules, scientific procedures and ethics to produce solutions, ideas, designs, or art critics and compile scientific descriptions of their study results in the form of a thesis or final assignment report
KU.03 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data Make decisions appropriately in the context of problem solving in his area of expertise, based on the results of analysis of information and data
KU.04 Mengelola pembelajaran secara mandiri Manage learning independently
KU.05 Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya Develop and maintain a working network with counselors, colleagues, colleagues both inside and outside the institution
  • 3.     Keterampilan Khusus (Specific Skills)
KK.01 Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait obat berlandaskan prinsip-prinsip ilmiah untuk mengoptimalkan terapi Able to identify and solve drug-related problems based on scientific principles to optimize therapy
KK.02 Mampu  memberikan  sediaan  farmasi  sesuai  kebutuhan  pasien  disertai  penjaminan mutu sediaan farmasi. Able to provide pharmaceutical preparations according to patient needs accompanied by quality assurance of pharmaceutical preparations.
KK.03 Mampu  menerapkan  ilmu  dan  teknologi  kefarmasian  dalam  perancangan, pembuatan, dan penjaminan mutu sediaan obat. Able to apply pharmaceutical science and technology in the design, manufacture and quality assurance of medicinal preparations.
KK.04 Mampu  mencari,  mengevaluasi,  menyiapkan,  dan  memberikan informasi  tentang  obat, dan penggunaan obat yang rasional. Able to find, evaluate, prepare, and provide information about drugs, and rational drug use.  
KK.05 Mampu  berkomunikasi,  beradaptasi  dalam  lingkungan baru,  dan  membangun hubungan interpersonal. Able to communicate, adapt to new environments, and build interpersonal relationships.
KK.06 Mampu  menerapkan  prinsip  manajemen  dan  kepemimpinan  dalam  melaksanakan tugas mandiri dan/atau mengelola tugas kelompok. Able to apply management and leadership principles in carrying out independent tasks and / or managing group assignments.
KK.07 Mampu  melaksanakan  pekerjaan  secara  bertanggungjawab  sesuai ketentuan perundang-undangan, norma, dan etik kefarmasian. Able to carry out work responsibly in accordance with statutory provisions, pharmaceutical norms and ethics.
KK.08 Menunjukkan  penguasaan  IPTEK  bidang  kefarmasian,  kemampuan  riset,  serta kemampuan pengembangan diri secara berkelanjutan. Demonstrate mastery of science and technology in the pharmaceutical field, research skills, and the ability to develop themselves in a sustainable manner.
KK.09 Mampu berinovasi dan berkreasi dalam bidang Farmasi Klinis dan Komunitas berlandaskan nilai-nilai Keislaman Able to innovate and be creative in the field of Clinical and Community Pharmacy based on Islamic values
  • Pengetahuan (Knowledge)
P.01 Menguasai konsep teoritis farmasetika, farmakologi, farmakoterapi, farmasi klinik, toksikologi, farmakoekonomi, DRP (Drug Related Problems), Interaksi obat, EBM (Evidence – based Medicine), POR (Pengobatan Obat Rasional), Undang Undang kefarmasian, Kode etik profesi farmasi Mastering the theoretical concepts of pharmacy, pharmacology, pharmacotherapy, clinical pharmacy, toxicology, pharmacoeconomics, DRP (Drug Related Problems), Drug Interactions, EBM (Evidence – based Medicine), POR (Rational Medicine Treatment), Pharmaceutical Law, Pharmacy profession ethics code
P.02 Menguasai konsep teoritis Compounding (non sterile & sterile), Dispensing , farmasetika, Farmasi komunitas/Farmasi praktis, GPP (Good Pharmacy Practice), komunikasi, Undang-Undang kefarmasian, Kode etik profesi farmasi. Mastering the theoretical concepts of Compounding (non sterile & sterile), dispensing, pharmacy, community pharmacy / practical pharmacy, GPP (Good Pharmacy Practice), communication, pharmaceutical law, code of ethics for the pharmaceutical profession.
P.03 Menguasai konsep teoritis morfologi farmakognosi, fitokimia, fitoterapi, EBM (Evidence – based Medicine), formularium herbal, Undang-Undang kefarmasian, Kode etik profesi farmasi. Mastering the theoretical concepts of morphology of pharmacognosy, phytochemistry, phytotherapy, EBM (Evidence – based Medicine), herbal formulary, pharmaceutical law, code of ethics for the pharmaceutical profession.
P.04 Menguasai konsep CDOB (cara distribusi obat yang baik); manajemen, pemasaran farmasi, pengelolaan, kepemilikan, hubungan interpersonal, pengamanan sediaan farmasi, hukum dan etik farmasi. Mastering the concept of CDOB (good drug distribution method); management, pharmaceutical marketing, management, ownership, interpersonal relations, safeguarding pharmaceutical preparations, pharmaceutical laws and ethics.
P.05 Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan ilmu farmasi dan penerapannya Mastering knowledge about technology based on pharmacy and its application.
P.06 Menguasai regulasi/ peraturan, kode etik profesi, sistem pengawasan obat dan makanan, dokumentasi, pemeriksaan, dan pengendalian obat, obat tradisional, makanan dan kosmetik Mastering regulations / regulations, professional codes of ethics, drug and food supervision systems, documentation, inspection and control of drugs, traditional medicines, food and cosmetics
P.07 Menguasai konsep teortis berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kefarmasian, riset, dan pengembangan diri Mastering the theortic concepts of various sciences and technologies in the fields of pharmacy, research and self-development
P.08 Menguasai dasar-dasar wirausaha; konsep etika wirausaha islam; kepemimpinan; manajemen; bisnis islami; serta konsep dan teknik marketing Mastering the basics of entrepreneurship; Islamic entrepreneurship ethics concept; leadership; management; Islamic business; and marketing concepts and techniques