05 Dec

Herboost Drink dan Herboost Powder Umla dalam Pengabdian Masyarakat

Tiga dosen Umla dan tiga mahasiswa Umla lakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Hibah Kemendikbud Ristek Dikti 2022
skema PKM-Stimulus yang berlokasi di Desa Tuwiri, Kecamatan Tikung.

Diantaranya, dua dosen dari S1 Farmasi apt Primanitha Ria Utami MFarm selaku Ketua dan apt Devi Ristian Octavia MSi selaku anggota satu.

Kemudian dosen dari S1 Manajemen Mega Barokatul Fajri MBA, serta tiga mahasiswa dari S1 Farmasi.

Kegiatan ini berlangsung selama enam bulan. Tiga bulan tahapan pelaksanaan dan produksi dimulai Juni sampai Agustus, kemudian dua bulan tahapan evaluasi hasil pemasaran, dan satu bulan penyelesaian hasil laporan luaran dari program kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun anggaran 2022.

Dengan sasaran mitranya yaitu Mitra UKM Lariis Fresh Drink, yang memiliki produk minuman kunyit asam.

Selaku Ketua apt Primanitha Ria Utami MFarm mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan bertujuan untuk memberikan stimulus kepada Mitra UKM Lariis Fresh Drink, agar tercipta produk UMKM kunyit asam yang inovatif, dengan variasi komposisi, ukuran, dan kemasan lebih menarik.

Begitu juga salah satu anggota yang juga menjadi Kepala Prodi S1 Farmasi apt Devi Ristian Octavia MSi mengatakan, kegiatan produksi produk variasi kunyit asam ini, menghasilkan dua jenis variasi produk, berupa cair dan serbuk, masing-masing variasi komposisi produknya berbahan dasar kunyit kombinasi jahe, serta kunyit kombinasi temulawak.

“Produk cair diberikan nama produk ‘Herboost Drink’, sedangkan yang serbuk adalah ‘Herboost Powder,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun masing-masing variasi ukuran kemasan produk cairnya terdiri dari: 65 ml, 100 ml, 250 ml, 500 ml dan 1 liter. Sedangkan variasi kemasan serbuk: 5 gr, 25 gr, 250 gr dan 500 gr.

Pemberdayaan Mitra UKM Lariis Fresh Drink memiliki potensi yang cukup baik untuk membantu mempercepat pemulihan sektor ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

“Hal inilah yang mendasari tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) mengadakan kegiatan dengan judul “‘Pemberdayaan Mitra UKM Lariis Fresh Drink melalui Pembuatan Produk ‘HerBoost Drink’ dari Tanaman Family Zingiberaceae sp. Sebagai Imun Booster di Masa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

 

Penulis: Alfain Jalaluddin Ramadlan