05 Dec

Tim PKM Rizka Farmasi UMLA, Riset Body Lotion Antioksidan-Perlambat Penuaan UMLA CORNER

Prodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) kembali  mengumumkan mahasiswanya yang berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbudristek.

Salah satunya, Ketua PKM-RE,  Rizka Amalia Fachriani disapa Rizka menyebutkan dirinya bersama empat anggotanya, yaitu Putri Gita Ayu Safitri, Uswatun Chasanah, Khusnul Khotimah, dan Asyalafia, melakukan riset dengan bimbingan dosen farmasi Apt. Fransica Dita Mayangsari, M.Farm.

Mereka, kata Rizka melakukan riset berjudul Aktivitas Antioksidan dari Aromatherapy Night Body Lotion yang Mengandung Ubikuinon dalam Nanostructured Lipid Carries dan Minyak Lavender Sebagai Antipenuaan kulit.

Tim PKM Rizka Farmasi UMLA, Riset  Body Lotion Antioksidan-Perlambat Penuaan 1
Bahan-bahan yang diguanakn untuk lotion malam PKM farmasi UMLA.

Secara umum kata Rizka bahwa kelompoknya membuat body lotion malam hari  atau pelembab kulit dari bahan cera alba, oleum cacao, ubikuinon, minyak zaitun, span 80, tween 80, propilenglikol, akuademineral, minyak lavender.

Bahan-bagan ini, dijelaskan Rizka awalnya membuat basic dari body lotion tersebut kemudian dilanjutkan dengan basis gel, setelah itu dibuat beberapa sediaan dengan campuran bahan yang lain. Agar menjadi body lotion malam  dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Menariknya kegunaan body lotion ini, tandas Rizka si pemakai akan merasakan kulitnya lebih muda karena ada antioksida di dalam lotion yang dipakainya. Karena lotion ini khusus untuk malam maka dijamin juga anti nyamuk disebabkan ada bunga lavender dalam pembuatannya yang salah satu fugsinya sebagai pengusir nyamuk.    

“Kegunaannya selain sebagai antipenuaan pada kulit, body lotion ini juga sebagai antioksidan dan Insect repellent (Antinyamuk).” Pungkasnya. (doni osmon)